Pada Jumat (27/5/2022) sore waktu setempat, media lokal Swiss, 20 Minuten , merilis foto Emmeril Khan, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto itu diketahui diambil sebelum Eril hilang terseret arus Sungai Aare di Bern. Dalam artikel 20 Minuten berjudul (Putra (23) calon presiden Indonesia hilang di Bern), disebutkan Eril terakhir kali terlihat di kawasan Eichholz dan Marzili.

Polisi pun memfokuskan pencarian di sekitar wilayah tersebut, baik jalur air maupun darat. Tak hanya itu, pos pengamatan juga didirikan di berbagai jembatan. Diketahui, polisi di Bern mengonfirmasi pihaknya menerima laporan hilang pada Kamis (26/5/2022) pukul 09.45 waktu setempat.

Laporan itu mengatakan tentang tiga orang yang berenang di Sungai Aare. Di mana, dua wanita muda diselamatkan penduduk setempat, sementara jejak orang ketiga tidak ditemukan. Dalam foto yang dirilis 20 Minuten , dituliskan informasi Eril berusia 23 tahun dan memiliki tinggi sekitar 175 cm.

20 Minuten juga merinci Eril mengenakan kaus biru dan celana pendek hitam saat berenang di Sungai Aare, serta mencantumkan nomor KBRI Bern. Eril, tulis 20 Minuten , bepergian di Swiss sebagai turis. Di tengah pencarian Emmeril Khan yang hilang terseret arus Sungai Aare di Swiss, beredar kabar anak Ridwan Kamil ini telah ditemukan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui akun Twitter nya, membantah kabar itu. Dalam pernyataan resminya di akun @westjavagov_, Eril hingga Jumat (27/5/2022_ petang waktu Indonesia, belum ditemukan. Beredarnya sejumlah informasi terkait telah ditemukannya Emmeril Khan Mumtadz (A Eril) putra sulung Gubernur Jawa Barat @ridwankamil di WAG/Line/Media Online adalah tidak benar atau Misinformasi, " tulis akun Pemprov Jabar, dikutip .

Lebih lanjut, Pemprov Jabar pun meminta pada warga Jawa Barat untuk tidak mempercayai kabar yang tak resmi dan diragukan kebenarannya. Sehingga dimohon kepada wargi Jabar untuk tidak mempercayai dengan cepat kabar yang beredar yang tidak resmi dan diragukan validitasnya. Terima kasih ," tutup pernyataan tersebut. Terpisah, Wakil Gubernur Jawa Baratm Uu Ruzhanul Ulumm mengatakan dirinya belum mendapat kabar perkembangan terbaru soal pencarian anak Ridwan Kamil.

Kendati demikian, ia berharap Eril ditemukan dalam keadaan sehat dan selamat sehingga bisa kembali berkumpul dengan keluarga. Uu Ruzhanul Ulum juga mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk berdoa agar proses pencarian Eril di Swiss berjalan dengan lancar. "Imbauan saya (kepada) masyarakat Jawa Barat, mari kita berdoa mudah mudahan anak pemimpin kita dalam keadaan selamat dan sehat tidak apa apa."

"Sekalipun ada hal yang tidak diinginkan, mudah mudahan ada lah kebaikan untuk kita semua," ujarnya. Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan, terseret arus Sungai Aare ketika cuaca Swiss tengah cerah. Eril diketahui berenang di Sungai Aare bersama adik dan kawannya.

Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras. Sebelumnya, ia juga sempat mendapat bantuan dari kawannya, namun upaya tersebut tidak berhasil. Tim SAR dan pihak kepolisian Swiss pun langsung terjun dalam upaya pencarian Eril.

Keberadaan Emil di Swiss adalah untuk mencari sekolah untuk melanjutkan ke jenjang S2. Diketahui, saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat. Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.