Sukses kandaskan India, tim putra berhasil keluar sebagai juara Grup A di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2022. Bermain di Setia City Convention Center, Indonesia berhasil menundukkan India dengan skor 3 2, Jumat (18/2/2022). Meski terdapat perubahan formasi pemain, namun kekompakan tim putra Indonesia tetap dijaga dengan baik.

Meski sang kapten, Chico Aura Dwi Wardoyo sempat gagal menyumbang poin di partai perdana, untungnya tidak mempengaruhi penampilan pemain lain. Dilansir , Chico sendiri mengaku bahwa ia tampil kurang tenang ketika menghadapi Lakshya Sen di partai perdana. "Tadi sih saya kurang tenang saat memimpin dan jadi buru buru," tutur Chico.

"Pada poin poin kritis, saya kurang berani mengambil keputusan untuk mengambil dan pegang permainan depan," tambahnya. "Padahal dari segi permainan, sudah keluar semua. Lawan hari ini tampil baik dan pertahanannya juga kuat," tukas Chico. Sedangkan dari pasangan ganda putra Indonesia, Leo/Daniel berhasil memberikan poin untuk Indonesia di pertandingan kedua.

Ini sekaligus menjadi rentetan kemenangan ketiga yang diperoleh Leo/Daniel selama melakoni laga di BATC 2022. Dengan permainan apiknya, Leo/Daniel berhasil mengalahkan pasangan India melalui straight game. Leo menerangkan bahwa di awal pertandingan sempat adaptasi dulu hingga menemukan kenyamanan untuk menyerang.

"Kami main seperti biasa. Tadi memang sempat adaptasi dulu," tutur Leo. "Setelah tahu bagaimana permainan lawan, kami nyaman untuk menyerang," tambahnya. Ia juga menerangkan mengenai poin Indonesia yang tertinggal itu justru jadi motivasi agar dapat raih kemenangan.

"Saat Indonesia ketinggalan 0 1, justru menambah semangat kami main bagus untuk menang," tukasnya. Sementara itu, di partai ketiga, Ikhsan Rumbay pun turut berhasil memenangkan pertandingan. Meski harus melalui 3 game, Ikhsan bisa mengakhirinya dengan kemenangan.

Kemenangan dari Ikhsan ini sekaligus membuat skor Indonesia unggul atas India. Pada partai keempat, ada debut pasangan ganda putra Bagas/Fikri yang berhasil raih kemenangan perdana. Kemenangan manis dari Bagas/Fikri ini sekaligus menjadi penentu Indonesia berhasil jadi pemuncak grup.

Debut pasangan ganda putra ini diakhiri dengan kemenangan manis karena dapat melibas India dua set sekaligus. Fikri pun mengungkapkan soal perasaanya yang senang bisa menjadi aktor penentu Indonesia juara grup. "Kaget juga lihat lawan hari ini. Padahal kemarin penampilan mereka saat lawan Hong Kong bagus. Senang bisa main dan memastikan Indonesia jadi juara grup," ujar Fikri.

Sayangnya, pada pertandingan terakhir, Yonathan Ramlie gagal menambah poin Indonesia. Namun, hal tersebut tetap membuat Indonesia menjadi pemuncak grup A. Kemenangan tim putra ini pun di apresiasi oleh pelatih ganda putra, Aryono Miranat.

"Terima kasih atas perjuangannya sehingga seperti tim putri, tim putra Indonesia juga tampil sebagai juara grup," tutur Aryono. "Namun perjuangan belum berakhir. Pemain harus tetap semangat untuk menatap babak semifinal," pungkasnya. Sementara, undian semifinal akan dilakukan setelah pertandingan sesi sore berakhir malam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.