Kerja di Jepang kini masih mempunyai daya tarik yang kuat. Apalagi syarat kerja di Jepang secara umum tidak jauh berbeda dengan Indonesia dimana tingkat pendidikan, sertifikasi keahlian, serta pengalaman kerja menjadi faktor yang menentukan jenis pekerjaan. Tetapi, kemampuan berbahasa Jepang yang baik bisa semakin memperluas peluang kerja.

Syarat Kerja di Jepang dan Kultur yang Ada

Visa kerja

Visa kerja adalah syarat utama bagi warga negara asing yang ingin bekerja di Jepang. Ada beberapa jenis visa yang sesuai dengan jenis pekerjaan seperti Engineer/Specialist in Humanities/International Services untuk pekerjaan di bidang teknologi dan jasa internasional, Skilled Labor untuk pekerjaan fisik, dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh visa, calon pekerja harus mempunyai tawaran pekerjaan dari perusahaan di Jepang dan memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan.

Kemampuan bahasa Jepang

Sebagian besar perusahaan di Jepang menginginkan karyawan mereka mempunyai kemampuan berbahasa Jepang yang baik, terutama untuk situasi kerja sehari-hari.

Beberapa pekerjaan membutuhkan kemampuan bahasa Jepang tingkat tinggi, sedangkan yang lain mungkin lebih fleksibel. Penguasaan bahasa Jepang bisa membantu berkomunikasi dengan rekan kerja dan klien, serta memahami aturan dan kebijakan perusahaan dengan baik.

Keterampilan dan pengalaman kerja

Banyak perusahaan Jepang yang mencari karyawan dengan keterampilan serta pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang disediakan. Calon pekerja harus mempunyai portofolio yang kuat dan rekam jejak yang baik untuk bisa bersaing di pasar kerja Jepang yang kompetitif.

Pendidikan dan sertifikasi

Tingkat pendidikan dan sertifikasi juga bisa menjadi hal penting dalam memenuhi syarat-syarat pekerjaan di Jepang. Beberapa pekerjaan mungkin membutuhkan gelar universitas atau sertifikasi tertentu yang relevan dengan bidang pekerjaan. Pendidikan dan sertifikasi bisa memberikan keuntungan tambahan dalam hal mencari pekerjaan yang diinginkan.

Perizinan kerja

Beberapa pekerjaan seperti di bidang kesehatan atau pendidikan, membutuhkan perizinan khusus untuk bekerja di Jepang. Calon pekerja harus memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan perizinan yang ditetapkan oleh otoritas terkait sebelum bekerja.

Kesesuaian dengan budaya kerja Jepang

Budaya kerja di Jepang mempunyai norma-norma unik, seperti etika bisnis, disiplin, dan hierarki yang ketat. Calon pekerja harus siap untuk beradaptasi dengan budaya kerja yang ada supaya bisa sukses dan berkontribusi secara maksimal dalam lingkungan kerja Jepang.

Tips untuk menyesuaikan diri

Sebelum memantapkan hati untuk bekerja di Jepang, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa budaya kerja di sana. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Jepang identik dengan etos kerja dan kedisiplinannya yang tinggi.

Pada dunia kerja, orang Jepang tidak pandang bulu soal karyawan. Pekerja asing sekalipun harus tetap bekerja keras dan menonjolkan kualitas kerja supaya posisinya tidak tergantikan dengan orang lain. Untuk menyesuaikan diri saat di perusahaan, langkah tercepat yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengambil inisiatif dan mengajukan pertanyaan.

Jika semua berjalan lancar, maka Anda akan diberikan lebih banyak tugas dan bisa meningkatkan kemampuan. Pada akhirnya, Anda akan dievaluasi dan juga mendapat promosi. Intinya Anda harus siap beradaptasi dan mempunyai kesadaran diri untuk mengikuti peraturan yang ada selama di Jepang.

Peluang karir di Jepang

Peluang karir di Jepang terutama terbuka bagi orang yang mempunyai keahlian di bidang Teknologi Informasi, Kesehatan, dan Konstruksi. Selain bidang-bidang tersebut, juga ada karir di Jepang yang bisa Anda coba seperti ahli kuliner, perhotelan, dan kecantikan. Perlu diketahui bahwa persyaratan dan kualifikasi pekerjaan ini bisa bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan dan perusahaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *