Berkuliah Teknologi Pangan (Tekpang) kini bisa dilakukan di berbagai universitas swasta di Bandung. Dengan begitu, tentunya Anda yang menginginkan belajar mengenai Tekpang bisa terwujud dengan mudah tanpa harus susah payah berusaha masuk ke perguruan tinggi negeri. Sebelum menuju ke pembahasan ini, tentunya Anda pun harus memahami tentang jurusan Tekpang terlebih dahulu.

Kuliah Teknologi Pangan di Universitas Swasta di Bandung Terbaik
Pengertian Jurusan Teknologi Pangan
Tekpang merupakan suatu disiplin ilmu yang menggunakan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan, terlebih setelah panen dengan memanfaatkan teknologi yang sesuai. Targetnya adalah memperoleh manfaat yang dapat menambah value dalam sebuah bahan makanan.

Dalam ilmu Tekpang, mahasiswa akan mempelajari tentang sifat fisik, mikrobiologis, sampai kimia dalam suatu bahan pangan. Tidak hanya itu, dalam jurusan ini pun mahasiswa akan memperdalam spesialisasi dari ilmu ini. Mulai dari pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, pengawetan, dan lain sebagainya.

Jurusan berawal dari seseorang bernama Nicolas Appert yang memproses pengalengan sebuah bahan pangan. Pengalengan itu terus dilakukan sampai sekarang. Namun, Nicolas tidak menggunakan ilmu pengetahuan dalam melaksanakan proses tersebut. Tekpang, baru diaplikasikan oleh Louis Pasteur saat hendak mencegah kerusakan bahan pangan akibat mikroba yang tumbuh dalam fermentasi anggur. Hal tersebut dilakukan usai penelitian terhadap anggur yang terinfeksi.

Prospek Kerja Jurusan Tekpang
Berdasarkan informasi di atas, ternyata jurusan ini memiliki manfaat untuk masa depan ketahanan pangan di dunia. Sehingga, jurusan ini pun memiliki prospek kerja yang keren.
Umumnya, perusahaan pangan memerlukan lulusan Tekpang guna menguatkan tim penjamin mutu dan pengembangan produk. Di sektor ini, biasanya untuk level pemula akan mendapatkan gaji sekitar Rp4 juta. Tentunya, dengan mempertimbangkan keahlian serta pengalaman yang dimiliki.

Tidak hanya itu, jenjang karir yang disuguhkan pun bisa dibilang menjanjikan. Mulai dari bekerja di bagian operasional dan logistik, manajer produk, bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan, sampai Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC).

Kuliah Tekpang di Universitas Swasta di Bandung Terbaik
Terdapat perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung yang bisa menjadi pilihan buat Anda yang ingin mengambil jurusan tekpang yaitu, Ma’soem University. Ma’soem University berada di Jalan Raya Cipacing Nomor 22, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, yang sangat dekat dengan Bandung.

Perguruan tinggi ini memiliki konsentrasi program studi dalam jurusan Tekpang yaitu teknologi pengolahan dan manajemen bisnis. Bahkan, sudah ada produk yang dilahirkan dari universitas Swasta di Bandung ini, mulai dari produk kopi, susu, sirup, sampai makanan instan.

Prodi Tekpang di Ma’Soem University memiliki visi yaitu menjadi penyelenggara pendidikan di bidang Tekpang terbaik menuju komunitas akademik peringkat nasional dengan karakter, cageur (sehat), bageur (ramah), pinter, pada tahun 2038. Dengan visi tersebut tentunya, kampus ini memiliki kualitas dalam memberikan pendidikan kepada para mahasiswanya.

Berdasarkan visi dan misi dari jurusan ini, kampus ini memiliki profil lulusan, yaitu dalam bagian pengendalian mutu atau QA, bagian pengembangan produk atau Product Development, pengusaha kuliner, sampai akademisi. Dengan kata lain, kampus ini akan melahirkan mahasiswa yang terampil dan siap pakai di industri atau sebagai wirausahawan.

Oleh karena itu, Anda yang berminat berkuliah jurusan Tekpang sangat direkomendasikan untuk masuk ke Ma’soem University. Dengan kualitas pendidikan yang bermutu, tentu dapat menjadi batu loncatan untuk menggapai karir yang lebih gemilang.

Nah itu dia informasi mengenai perkuliahan jurusan Tekpang dan perguruan tinggi swasta yang bisa jadi rekomendasi untuk menimba ilmu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.