Sistem atau alat reproduksi wanita adalah salah satu organ penting yang harus diketahui dan dijaga kesehatannya. Selain itu, alat reproduksi pada wanita ini tidak hanya sebatas vagina atau rahim saja.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai macam-macam alat reproduksi wanita. Sedangkan, untuk kalangan masyarakat khususnya wanita bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Macam-Macam Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar

Macam-Macam Alat Reproduksi Wanita
Ada salah satu penelitian yang mengatakan, bahwa untuk alat reproduksi wanita dibagi menjadi dua bagian yaitu dalam dan luar. Fungsi alat reproduksi wanita bagian luar mempunyai fungsi untuk jalur masuk sperma dan melindungi semua alat reproduksi bagian dalam dari segala jenis infeksi. Sebagai berikut macam-macam alat reproduksi wanita yang harus Anda ketahui :

1. Labia Majora
Labia Majora atau yang sering disebut dengan bagian bibir besar ini mempunyai fungsi untuk melindungi organ intim luar lainnya. Pada saat masa puber, area kulit di Labia Majora akan tumbuh bulu atau rambut yang mempunyai kandungan
kelenjar dan penghasil minyak.

2. Labia Minora
Labia Minora adalah macam-macam alat reproduksi wanita yang mempunyai berbagai ukuran. Letak dari Labia Minora adalah di bagian Labia Majora atau mengelilingi bukaan dari vagina ke uretra. Tekstur kulit di bagian Labia Minora ini halus, mudah iritasi dan bengkak.

3. Kelenjar Bartholin
Kelenjar Bartholin mempunyai posisi di setiap sisi sebelah lubang vagina. Selain itu, bagian alat reproduksi tersebut juga bisa saja mengeluarkan sekresi cairan atau lendir yang berfungsi untuk melumasi area miss V.

4. Klitoris
Alat reproduksi wanita Klitoris adalah tonjolan kecil yang mempunyai tingkat sensitif paling tinggi. Selain itu, Klitoris ditutupi dengan lipatan kulit yang sering disebut dengan preputium. Bentuk dari preputium ini hampir sama dengan kulup di bagian ujung penis.

Satu hal perlu diketahui lagi, bahwa Klitoris ini sangat sensitif terhadap beberapa rangsangan dan menjadi area ereksi. Maka dari itu, Klitoris sering dijadikan sebagai salah satu alat atau titik untuk merangsang wanita di saat berhubungan intim.

Macam-Macam Alat Reproduksi Bagian Dalam

Setelah membahas mengenai macam-macam alat reproduksi bagian luar, sekarang saatnya Anda mengetahui bagian dalamnya. Untuk beberapa alat reproduksi bagian dalam harus Anda ketahui adalah:

1. Vagina
Vagina merupakan saluran yang menghubungkan serviks bagian bawah rahim, dengan luar tubuh. Letak dari vagina berada di bagian belakang kandung kemih dan lebih rendah daripada rahim. Fungsi dari vagina yaitu sebagai alat reproduksi yang menjadi jalan keluar darah di saat menstruasi, jalan lahir dan jalan masuk sperma menuju ke bagian rahim.

2. Ovarium
Ovarium atau indung telur mempunyai posisi di bagian sisi kanan dan kiri dari rongga panggul yang bersebelahan langsung dengan bagian rahim atas. Alat atau organ pada reproduksi wanita yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk memproduksi hormon estrogen, progesteron dan ovum.

3. Tuba Falopi
Tuba Falopi atau oviduk mempunyai bentuk seperti corong yang masing-masing membentang dari ujung kanan sampai dengan kiri. Selain itu, alat reproduksi wanita yang satu ini mempunyai fungsi untuk mengangkut ovum dan membawanya ke bagian dalam ujung tuba falopi.

Nah, itulah dia macam-macam alat reproduksi wanita bagian dalam maupun luar yang harus Anda ketahui. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa menjadi bahan informasi untuk kalangan wanita supaya alat reproduksi tetap bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.