Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan kebijakan Merdeka Belajar terus berjalan meski banyak tantangan. Nadiem mengibaratkan Merdeka Belajar sebagai sebuah kapal besar yang terus melaju. "Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau pulau di seluruh Indonesia," kata Nadiem dalam sambutannya yang disiarkan channel Youtube Kemendikbud, Jumat (13/5/2022).

Nadiem mengatakan pandemi covid 19 sebagai salah satu ombak yang menghantam kebijakan Merdeka Belajar. Kemendikbudristek, kata Nadiem, melakukan berbagai terobosan dalam kebijakan Merdeka Belajar. “Tahun ini kita membuktikan bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” tutur Nadiem.

Menurut Nadiem, telah menjadi bukti bahwa dunia pendidikan Indonesia sangat kuat. Indonesia kata dia telah mampu bangkit di masa pandemi. "Hari ini adalah bukti, kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” pungkas Nadiem. Pendidikan Indonesia, menurut Nadiem, ketangguhannya telah tersebar ke seluruh dunia malalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.

Leave a Reply

Your email address will not be published.