Berikut kunci jawaban Buku Tematik Kelas 3 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 mengenai Ciri ciri Makhluk Hidup. Sejumlah soal ada dalam buku Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 2 sampai 8. Salah satu soalnya adalah "Tuliskan ciri ciri ikan sebagai makhluk hidup yang kamu ketahui."

Soal lainnya adalah Buatlah 4 buah pola yang berbeda dengan menggunakan simbol bunyi panjang ( ) dan pendek ( ). Ada empat subtema dalam Buku Tematik kelas 3 SD Tema 1 yang berjudul Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Pada Subtema 1, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Ciri ciri Makhluk Hidup.

Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 1 subtema 1. Cicak adalah salah satu contoh makhluk hidup. Untuk mengetahui ciri ciri cicak sebagai makhluk hidup, nyanyikanlah lagu berikut ini.

Nyanyikan lagu sesuai petunjuk gambar di bawah syair! Nyanyikan bersama teman temanmu! Bagian mana dari lagu di atas yang menunjukkan ciri ciri makhluk hidup?

Bagian dari lagu yang menunjukkan ciri ciri makhluk hidup adalah cicak merayap di dinding. Buatlah 4 buah pola yang berbeda dengan menggunakan simbol bunyi panjang ( ) dan pendek ( ). Ikan juga makhluk hidup. Ikan memiliki beberapa ciri yang sama dengan cicak.

Tuliskan ciri ciri ikan sebagai makhluk hidup yang kamu ketahui. Cicak Cicak dapat bergerak.

Cicak bergerak dengan cara merayap. Cicak membutuhkan makanan. Salah satu jenis makanannya adalah nyamuk.

Cicak bernapas menggunakan paru paru. Ikan Ikan bernapas menggunakan insang

Ikan dapat bergerak Ikan bergerak menggunakan sirip Ikan membutuhkan makanan

Salah satu jenis makanan ikan adalah jentik nyamuk Dari kedua penjelasan tersebut, maka dapat kamu simpulkan ciri ciri makhluk hidup adalah: Dapat bergerak, membutuhkan makanan, dan bernapas.

Isilah titik titik di bawah ini dengan bilangan yang benar. 1) 1.000, 2.000, 3.000, … , 5.000 4.000

2) 1.500, 2.500, … , 4.500, … 3.500, 5.500 3) 2.000, 4.000, … , … , 10.000

6.000, 8.000 Perhatikan bilangan bilangan berikut. Susunlah bilangan berikut dari bilangan terkecil sampai terbesar. 5.250 3.250 1.250 2.250 4.250

Urutan bilangan adalah ……. , ……. , ……. , ……. , …….. 1.250, 2.250, 3.250, 4.250, 5.250 4.300 1.300 2.300 3.300 5.300

Urutan bilangan adalah ……. , ……. , ……. , ……. , …….. 1.300, 2.300, 3.300, 4.300, 5.300 1.100 2.250 5.400 4.200 3.050

Urutan bilangan adalah ……. , ……. , ……. , ……. , ……. 1.100, 2.250, 3.050, 4.200, 5.400 Tulislah nama dan lambang bilangan sesuai contoh!

Contoh: 1.100 dibaca seribu seratus 2.200 dibaca dua ribu dua ratus

A. 2.250 dibaca … B. 3.300 dibaca … C. 4.700 dibaca …

D. 5.650 dibaca … E. … dibaca sembilan ribu F. … dibaca seribu tujuh ratus

G. … dibaca dua ribu lima ratus lima puluh H. … dibaca sepuluh ribu A. Dua ribu dua ratus lima puluh

B. Tiga ribu tiga ratus C. Empat ribu tujuh ratus D. Lima ribu enam ratus lima puluh

E. 9.000 F. 1.700 G. 2.550

H. 10.000 Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Bagaimana sebenarnya karateristik peta, atlas, dan globe sekarang dan apa saja perbedaannya satu dengan lainnya?

Peta memiliki karakteristik berupa simbolisasi obyek wilayah seperti jenis dataran, ukuran, dan bentuk obyek. Peta menerangkan simbolisasi obyek wilayah tersebut melalui gambar permukaan bumi dalam satu bidang datar dengan penyesuaian skala yang tepat. Sementara itu, Encyclopaedia Britannica mendefinisikan peta sebagai representasi grafik yang digambar dengan skala tertentu pada permukaan datar.

Untuk fungsi peta, berikut ini rincian fungsi yang bisa digunakan dalam peta: Bisa menunjukkan posisi atau letak di permukaan bumi Menggambarkan bentuk bentuk permukaan bumi, sehingga tampak jelas terlihat

Peta juga menyajikan data tentang potensi daerah Peta bisa sebagai petunjuk arah jika tersesat untuk menuju suatu tempat Peta juga bisa untuk merencanakan pembangunan dan menganalisis kondisi wilayah.

Atlas adalah kumpulan peta yang dibukukan. Kumpulan peta yang dibukukan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari. Peta yang dibukukan juga menggambarkan cakupan wilayah tertentu.

Berikut contoh atlas dengan cakupan wilayah yang berbeda: Atlas nasional memuat data fisik, sosial, budaya suatu negara, misalnya atlas Indonesia. Atlas regional merupakan atlas yang memuat data fisik, sosial, dan budaya suatu kawasan, misalnya atlas negara negara ASEAN.

Atlas dunia memuat data fisik, sosial, budaya seluruh negara negara yang ada di dunia. Atlas bisanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang latarbelakangnya berbeda beda, artinya siapa saja dapat dengan mudah menggunakan peta. Sehingga, atlas memiliki sifat sifat berikut ini:

Menarik, artinya atlas menarik orang untuk membacanya. Informatif, artinya informasi yang ditampilkan jelas, mudah, dan aktual. Sistematis, artinya atlas disusun dengan urutan yang jelas, dimana urutan tersebut dapat dimulai dari suatu daerah yang lebih kecil/sempit, kemudian daerah yang lebih besar/luas.

Bentuk globe mirip dengan bumi, yaitu bulat dengan poros yang dapat diputar. Globe adalah model atau tiruan bola bumi yang paling mendekati bentuk yang sesungguhnya, diperkecil, dan menggunakan skala tertentu. Poros pada globe dibuat miring seperti bumi yang juga miring sebesar 66,50 dari bidang edarnya atau disebut bidang ekliptika.

Walaupun bentuknya mirip dengan bumi, namun globe memiliki kelemahan, yaitu: Skala globe terlalu kecil sehingga informasinya tidak lengkap atau masih bersifat umum. Banyak informasi yang tidak terpetakan pada globe. Globe tidak mudah di bawa ke mana mana seperti halnya peta yang bisa dilipat.

Globe juga memiliki kelebihan, di antaranya: Bentuk globe menyerupai bentuk bumi yang sebenarnya. Letak astronomis dan geografis pada globe mudah dipelajari karena mengikuti bentuk bumi.

Pada peta, garis lintang dan garis bujur merupakan hasil proyeksi yang mengandung unsur distorsi atau kesalahan. Gambar daratan dan lautan pada globe dapat terlihat persebarannya sesuai dengan kenyataan. Pembagian iklim matahari dapat lebih mudah dipelajari dengan menggunakan globe.

Globe dapat menirukan gerakan rotasi bumi dan posisi bumi terhadap ekliptika. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.