Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa persiapan Jakarta E Prix berjalan dengan lancar. Bahkan Anies mengklaim pada tiga hari menjelang pelaksanaan Jakarta E Prix, semua persiapan sudah selesai dilakukan. Hal tersebut diungkapkan Anies melalui unggahan di akun Instagram resminya, @aniesbaswedan, Rabu (1/6/2022).

"Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah SWT bahwa persiapan Jakarta E Prix berjalan dengan lancar dan sekarang tiga hari menjelang pelaksanaan bisa dikatakan seluruh persiapan sudah selesai," tulis Anies dalam unggahannya. Lebih lanjut Anies pun memberikan apresiasinya atas kolaborasi berbagai pihak dalam pelaksanaan ajang Formula E ini. "Kami mengapresiasi kolaborasi dengan berbagai pihak dalam kerja koloksal ini. Terima kasih pada Chairman Organizing Committee Jakarta E Prix, Bapak Ahmad Sahroni dan tim yang all out, sehingga event ini Insya Allah bisa terlaksana dengan baik."

"Terima kasih kepada seluruh jajaran Jakpro dan para pekerja yang juga sudah optimal mempersiapkan ini. Lalu, apresiasi atas dukungan tim internasional Formula E yang menyiapkan semua," ungkap Anies. Anies pun turut memberikan selamat kepada 22.000 orang yang telah membeli tiket Formula E yang akan digelar 4 Juni 2022 mendatang. Pasalnya 22.000 orang tersebut akan menjadi saksi sejarah perhelatan pertama Formula E di Indonesia.

"Dan selamat kepada 22.000 orang pembeli tiket yang akan menjadi saksi sejarah perhelatan perdana Formula E di Indonesia. Sampai jumpa Sabtu ini di Jakarta E Prix!" pungkas Anies. Diwartakan sebelumnya, ajang balapan Formula E Jakarta 2022 tinggal menghitung hari. Tepatnya, jadwal balapan Formula E di sirkuit JIEC akan berlangsung pada Sabtu (4/6/2022) sekira pukul 15.00 16.00 WIB.

Sirkuit JIEC atau Jakarta International E Prix Circuit mendapat kunjungan penting dari Co founder Formula E, Alberto Longo. Longo melalukan sidak jelang berlangsungnya balapan mobil listrik paling beken ini. Ia tak sendirian saat mengunjungi sirkuit ini.

Alberto Longo ditemani oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kala meninjau sirkuit sepanjang 2,4 kilometer tersebut. Setelah puas meninjau sirkuit Formula E di JIEC, Longo pun melontarkan pendapat cukup menarik. Menurutnya, balapan Formula E 2022 di Jakarta akan menjadi yang terbesar sepanjang kompetisi ini ada.

Longo tak sekadar basa basi dalam menyampaikan hal ini. Ia melihat ada dua hal yang membuatnya yakin balapan ini akan berlangsung meriah. Faktor pertama yang menjadi keyakinannya adalah perihal lokasi.

Sirkuit JIEC memang berada di kawasan strategis nan populer. Terletak di Ancol, para penggemar Formula E atau wisatawan akan dengan mudah mencapai sirkuit ini. "Balapan di Jakarta bakal menjadi yang terbesar dan tersukses dalam sejarah Formula E," ungkap Alberto Longo.

"Sebelumnya, kami balapan di jalanan (street circuit), bukan sirkuit." "Tetapi di sini, sirkuit ada di dalam kota." "Itu merupakan inti dari Formula E. Ada dalam DNA kami," sambungnya.

Longo juga melihat sirkuit JIEC untuk Formula E ini nampaknya lebih lebar dari lintasan lainnya. Alhasil, para pembalap dituntut lebih sigap dalam mengendalikan laju mobil mereka. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

"Saya menilai trek JIEC lebih lebar dari lintasan normal dan ada banyak rintangan di sini," ujar Longo. "Itu kunci dari Formula E," lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.