Polisi menetapkan Daud Patriono Imanuel (52) sebagai tersangka terkait penembakan secara tidak sengaja Idam Kholik (30) hingga tewas. Polres Probolinggo, Jawa Timur langsung menahanDaud. Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, setelah kejadian nahas itu, Daud ditetapkan sebagai tersangka. Daud langsung diamankan di Mapolres Probolinggo dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan.

"Daud sudah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung diamankan ke Mapolres Probolinggo," kata Arsya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/4/2022). Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, kejadian itu bermula ketika Idam Kholik mendampingi Daud yang sedang latihan tembak di area pesawahan di Dusun Sukun, Desa Gerongan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Kamis (7/4/2022) sekitar pukul 12.45 WIB. Daud merupakan bos dari Idam di perusahaan ternak ayam.

Dalam latihan itu, bidik sasaran ditempelkan di kardus yang ditempelkan ke pohon kelapa. Jarak antara titik sasaran dengan posisi menembak sekitar 60 meter. “Saat Idam berada di dekat bidik sasaran, kemudian senapan yang digunakan oleh Daud meletus dan mengenai dada kanan korban hingga langsung terkapar," kata Arsya. Korban tertembak peluru saat tengah memasang sasaran tembak. Sempat dilarikan ke puskesmas terdekat, namun nyawa warga Desa Bulang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo itu tidak tertolong.

Pihaknya langsung bergerak cepat menangani kasus tersebut. Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Rahmad Ridho Satrio mengatakan, tim Labfor Polda Jawa Timur sedang mengotopsi jenazah korban guna menyelidiki penyebab kematiannya. “Tim Labfor Polda Jawa Timur sudah turun dan melakukan otopsi terhadap korban. Kami masih menunggu hasilnya,” ungkap Ridho.

Daud yang merupakan warga Sumbersari, Kabupaten Jember, dijerat Pasal 359 KUHP. Ia dianggap lalai hingga membuat orang meninggal dunia. Polisi menyita senapan angin, kardus sasaran latihan tembak, peluru senapan, kaus dan celana sebagai barang bukti. Diberitakan sebelumnya, seorang pria asal Dusun Rondokuning RT 07 RW 04, Desa Bulang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Idam Kholik (30), tewas setelah terkena peluru nyasar dari tembakan bosnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.