Gangguan lambung merupakan sebuah kondisi di mana lambung tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga penderita gangguan lambung tidak dapat mencerna makanan dan minuman yang telah dikonsumsi secara maksimal. Saat mengalami gangguan lambung seperti maag, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman saat menjalankan aktivitas sehari hari. Hal ini terutama dapat dirasakan ketika Anda harus menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh saat bulan Ramadan tiba. Di kala perut kosong, gangguan lambung memang seakan jadi sebuah tantangan tersendiri bagi kelancaran beribadah. Namun, jangan khawatir, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Agar aktivitas sehari hari Anda tetap lancar ketika berpuasa di bulan suci ini, Anda bisa melakukan 6 tips untuk atasi gangguan lambung di bawah ini. Jika Anda memiliki kesibukan yang cukup padat, mungkin sering kali Anda tidak berbuka puasa tepat waktu. Namun, setelah perut kosong seharian, pastikan Anda tidak menunda makan dan segera mengisi perut ketika Azan maghrib berkumandang, setidaknya dengan air putih dan makanan ringan. Dengan berbuka puasa sesegera mungkin, Anda dapat mencegah asam lambung naik sehingga tubuh pun juga aman dari gangguan lambung.

Pemilihan asupan yang tepat juga berpengaruh pada kesehatan lambung Anda saat berpuasa. Baik saat sahur maupun berbuka, konsumsilah makanan dan minuman yang dapat membuat kenyang lebih lama dan tinggi serat. Beberapa jenis asupan yang disarankan adalah oatmeal , beras merah, kurma, sayur sayuran hijau, dan daging tanpa lemak. Tak lupa, Anda perlu minum air putih secukupnya. Hindari juga makanan dan minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti makanan yang terlalu kecut, pedas, dan berminyak. Salah satu hal yang perlu dihindari oleh penderita gangguan lambung adalah makan secara berlebihan, tak terkecuali saat berbuka puasa. Ya, mungkin memang sulit untuk menahan keinginan untuk menyantap banyak makanan lezat setelah menahan lapar seharian penuh.

Namun, selain makan dengan nutrisi yang seimbang, porsi makan Anda pun juga perlu diperhatikan. Ketika porsi makan Anda terlalu berlebihan, perut yang terlalu penuh nantinya juga dapat memicu GERD dan masalah pencernaan lainnya. Baik saat berbuka puasa maupun sahur, pastikan Anda menyantap makanan secara perlahan. Pasalnya, makan dan mengunyah makanan dengan terburu buru akan mengakibatkan lambung sulit mencerna makanan dan dapat memicu asam lambung naik. Makin lama Anda mengunyah makanan, maka enzim yang bekerja pada awal proses pencernaan pun akan meningkat. Dengan menyantap dan mengunyah makanan secara perlahan, sistem pencernaan Anda pun akan bekerja dengan baik sehingga Anda dapat mencegah gangguan lambung usai berbuka puasa.

Setelah kenyang berbuka puasa, mungkin Anda langsung ingin beristirahat dengan berbaring atau bahkan tidur. Namun, ini adalah aktivitas yang harus dihindari karena dapat memicu naiknya asam lambung. Berikanlah jeda setidaknya dua sampai tiga jam setelah makan untuk berbaring atau tidur. Sembari menunggu waktu beristirahat, Anda dapat melakukan aktivitas atau gerakan ringan seperti jalan jalan di sekitar rumah agar tubuh pun terasa bugar setelah berpuasa. Jangan lupa, posisi tidur yang dianjurkan untuk penderita gangguan lambung adalah posisi miring ke sisi kiri! Cara ini mungkin terdengar unik. Namun dengan mengenakan pakaian yang longgar, Anda dapat mencegah asam lambung naik, terlebih saat Anda menyantap makanan setelah perut kosong dalam waktu yang lama.

Mengutip situs Everydayhealth, Dokter Spesialis Asam Lambung Jamie Koufman menyebutkan bahwa tekanan pada perut dapat mendorong naiknya asam lambung, yang nantinya akan mengakibatkan rasa mulas dan panas pada perut. Mengenakan pakaian yang ketat dapat menjadi salah satu pemicu hal tersebut. Karena itu, Anda perlu mulai membiasakan diri mengenakan pakaian yang longgar di bulan puasa ini. Selain menerapkan tips di atas, gangguan lambung juga bisa diatasi dengan mengonsumsi herbal, satu di antaranya adalah kunyit. Melansir Healthline, dengan kandungan senyawa antiperadangan dan antioksidan yang dimilikinya, kunyit dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi gejala asam lambung naik. Hadir dalam bentuk yang lebih mudah dan praktis, manfaat kunyit pun kini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi Sido Muncul Sari Kunyit. Dengan varian baru yaitu soft capsule , Sido Muncul Sari Kunyit memiliki kandungan ekstrak kunyit yang lebih stabil dan lebih cepat diserap tubuh.

Tiap soft capsule nya dibuat dari ekstrak kunyit berkualitas dengan zat aktif kurkuminoid terstandar. Sido Muncul Sari Kunyit dapat Anda konsumsi saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur untuk menunjang kesehatan lambung selama bulan Ramadan. Selain mencegah gangguan lambung, agar kesehatan dan imunitas tubuh tetap terjaga sepanjang bulan Ramadan, Anda juga dapat mengonsumsi empon empon, minuman kesehatan khas Nusantara yang berasal dari tanaman herbal berbentuk rimpang seperti jahe, temulawak, kunyit, kencur, dan lainnya. Minuman tradisional ini sudah sejak zaman dahulu digunakan sebagai minuman asli nusantara yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan. Mengikuti perkembangan zaman, empon empon pun kini hadir dalam versi yang lebih modern seperti HerbaMix 5 dari Sido Muncul Natural.

Sido Muncul HerbaMix5 mengandung 5 in 1 formula yang terdiri dari Kunyit, Temulawak, Kayu Manis, Jahe, dan Kencur. Hadir sebagai Inovasi Empon empon Nusantara, Sido Muncul HerbaMix5 memiliki perpaduan 5 herbal yang bekerja sinergis dalam membantu memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh. Dikemas dalam sediaan kapsul yang lebih mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Untuk menjaga daya tahan tubuh Anda pada bulan puasa, Sido Muncul HerbaMix5 dapat Anda konsumsi 2 x 1 kapsul sehari. Selain kedua produk di atas, terdapat juga berbagai produk dari Sido Muncul Natural seperti Sambiloto, Vitamin D3, Tolak Angin Soft Capsule, dan lainnya yang bisa Anda temukan di Watsons, Boots, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Viva Health, apotek, dan toko obat terdekat.

Bagi Anda yang ingin belanja online , produk ini tersedia di website e commerce resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau marketplace via Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada ,dan JD.id. Mari jalankan ibadah puasa dengan lancar dan jaga kesehatan Anda selama bulan Ramadan ini bersama rangkaian produk alami dari ahlinya herbal, Sido Muncul Natural. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.